Skip to main content

Perlunya Harmonisasi Demokrasi dan Budaya Lokal

Progress demokrasi Indonesia memang luar biasa liberalnya. Mampu menabrak bahkan melibas tatanan atau norma atau rambu-rambu tradisional, yang sebelumnya dianut, dipraktekan, dan dipedomani untuk bisa hidup harmonis. 

Demokrasi, yang salah satu cirinya adalah penghargaan pada perbedaan, benar-benar telah berhasil memunculkan bahkan memamerkan kelompok-kelompok minoritas yang selama ini berbeda dengan kelompok mayoritas. Jika sebelumnya, kelompok minoritas ini tidak berani muncul apalagi memamerkan dan menyebarluaskan perbedaannya, saat ini kelompok minoritas ini sedang demam panggung bahwa perbedaan itu bukan hanya untuk dimunculkan, dipamerkan, dan disebarluarkan tetapi juga dirayakan (selebrasi).

Pasangan GAY dan LESBI yang dahulu terkutuk di masyarakat dan karenanya mereka harus sembunyi, sekarang tidak hanya memamerkan kemesraannya di ruang-ruang publik, tetapi juga menyebarluaskannya. Genggaman tangan, pelukan, ciuman bahkan cumbuan pasangan sejenis ini sudah banyak mewarnai ruang publik seperti tempat-tempat nongkrong atau kongko (hangouts), tempat-tempat wisata (tourism spots) dan mall. Mereka benar-benar memanfaatkan (kapitalisasi) demokrasi yang menghargai perbedaan.

Perbedaan 1 syawal telah ada sejak dahulu kala. Mereka yang berbeda dengan pemerintah, tetap diperbolehkan mempraktekan perbedaanya. Bedanya, dahulu mereka mempraktekan perbedaannya itu dengan bijak dalam arti tidak mengumbarnya ke publik apalagi sampai memamerkan perbedaanya dan bahkan menyebarluaskanya ke publik. Sekarang, mereka yang berbeda ini jelas-jelas mempertontonkan sekaligus menselebrasi perbedaanya dengan mengagendakan Sholat 'Id di ruang-ruang publik seperti alun-alun, lapangan, tempat-tempat wisata bahkan di mall. 

Apakah mereka yang ingin mempertontonkan perbedaannya ini salah? Tidak! Mereka tidak salah. Mereka benar dengan keyakinanya untuk berbeda. Demokrasi menjamin perbedaan. Negara demokratis dengan perangkat undang-undang dan aturan turunanya menjamin perbedaan. Hanya saja tanpa disadari cara mereka mempraktekan perbedaan ini telah menabrak tatanan kehidupan harmonis yang selama ini kita pedomani. 

Ngono yo ngono, ning ojo ngono. Iya, berbeda silahkan, tapi mbok yaho tidak dipertontonkan. Bisa kan arif sedikit. Karena umat lainnya yang justru mayoritas sedang berpuasa. Sedikit banyak pola pertontonan (showing up) perbedaan ini melukai kelompok yang justru mayoritas masih berpuasa hari ke-30. 

Inilah yang disebut mengimpor demokrasi Barat tetapi tidak arif mempraktekannya di budaya sendiri. Mestinya, demokrasi Barat yang dimpor itu diharmonisasikan hingga diasimilasikan dengan budaya lokal sehingga prakteknya tetap harmonis. Maksudnya, mereka yang sholat 'Id pada 21 April tidak perlu mempertontonkannya bahkan menselebrasikannya secara terang-terangan karena umat lainnya yang justru mayoritas sedang berpuasa hari ke-30, yang HARAM baginya untuk selebrasi 'Idul Fithri pada tgl 21 April. 

Jika jawabannya "Wah! Ini hak-hak kami. Sebagai warga negara, kami dilindungi untuk mempraktekan keyakinan kami yang berbeda secara publik secara terang-terangan tentang perayaan 1 Syawal." Lah mengapa mereka ini justru mempersoalkan GAY dan LESBI yang juga sedang mempraktekan keyakinan berbedanya di ruang publik? Kalau begitu, mereka juga harus menerapkan STANDAR yang sama dong bahwa GAY dan LESBI juga memiliki hak untuk mempraktekan keyakinan cinta kasihnya yang sama di ruang publik. 

Wah berbeda! Gay dan LESBI kan HARAM. Makanya tidak boleh dipraktekan. Loh! Sama dong, selebrasi Idul Fithri pada 21 April itu HALAL bagi mereka yang menyakini WUJUDUL HILAL yang puasanya hanya 29 hari, tetapi HARAM hukumnya bagi mereka yang menyakini IMKAANUL RUKYAH sehingga masih puasa hari ke-30 dan Idul Fithri pada 22 April.

Bener ning ra pener. benar tetapi tidak pas mempraktekanya. Karenanya, mari mengkapitalisasi demokrasi dengan tetap menjunjung tinggi tatanan kehidupan tradisional demi terciptanya kehidupan yang harmonis. Bisa kan? Pasti bisa!

Popular posts from this blog

Matinya Akademisi Karena Benci

 Sering kan dengar dari Ikrar Nusa Bhakti, profesor LIPI-sekarang-BRIN yang vocal bahkan nyinyir ke Jokowi itu? Dia selalu menyampaikan bahwa selama berkarir di luar negeri lebih dari 46 tahun, baru ada kasus di dunia ini ya Jokowi itu. Jokowi yang sebelumnya dicalonkan oleh partainya, PDIP, hingga menjadi wali kota, gubernur, dan presiden, belakangan melawan kehendak partainya. Kasus presiden melawan partai pengusungnya baru pertama kali terjadi di dunia ini, songgong si Ikrar. Heh heh heh heh … Dulu kita mengangguk saja mendengar pendapat songgong begini. Sekarang sudah banyak mesin AI (artifical intelligence) yang dalam sekian detik bisa memverifikasi pendapat songgong. Minimal ayo lah ke chatgpt.com. Ya, ada beberapa contoh presiden yang menjauhkan diri dari partai politik yang awalnya mendukung mereka. Hal ini biasanya terjadi ketika prioritas pemerintahan, perubahan ideologi, atau keyakinan pribadi mereka bertentangan dengan agenda partai mereka. Berikut ini beberapa cont...

the Dunning Kruger Effect

Ketika anda tidak tau, tetapi berpikir tau segalanya. Believing you know something that you don't!   Ini penyakit karena anda merasa lebih baik dari semua orang atas pengetahuan dan kemampuan yang anda miliki. Padahal sejatinya anda tidak memiliki pengetahuan dan kemampuan tersebut. Disebut penyakit karena ternyata anda memiliki persepsi yang salah tentang diri anda sendiri. Lha mempersepsikan diri sendiri saja salah, lah apalagi mempersepsikan orang lain! Padahal, semakin kita belajar, semakin kita sadar betapa kecil pengetahuan yang kita miliki. Kita sadar bahwa ada kesenjangan dan kita mungkin tidak berusaha mengisi kesenjangan itu untuk menjadi lebih tahu suatu topik. Ketika kita tidak menyadari ini, kita begitu menderita karena justru ketidaktahuan kita inilah sehingga kita tidak mampu mengetahui bahwa diri kita kekurangan pengetahuan di bidang tertentu. Di sinilah, DKE (the Dunning Kruger Effect) terjadi bahwa ketika ketidakmampuan (incompetence) kita terhadap suatu...